Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta


Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarta, berdiri pada tanggal 21 April 1972, unit ini merupakan cikal bakal dari unit kegiatan mahasiswa yang ada di UNY (dahulu bernama IKIP Jogja).

Sekitar pertengahan tahun 1971, Drs. Muh.Affandi mulai merintis sebuah wadah kegiatan corps musik yang beranggotakan mahasiswa IKIP Jogja, karena mereka pada saat itu sangat tekun dan giat berlatih serta mereka ingin diakui keberadaannya, maka munculah ide untuk memberi nama wadah tersebut, pada tanggal 21 April 1972, Drs. Muh.Affandi memberi nama "CDB IKIP Jogja" kepanjangan dari Corps Drum Band IKIP Jogja. Dengan membawa nama CDB, mereka mulai menunjukkan kemampuannya dalam kejuaraan - kejuaraan yang digelar pada tahun tersebut. Pada Musyawarah Anggota 1989 CDB IKIP Jogja berubah nama menjadi Marching Band Caraka Dwija Bahana, yang disingkat menjadi MB CDB IKIP Jogja yang mengandung artian :

Caraka: Utusan ; Dwija: Pengajar/Guru ; Bahana: Suara

Atau "Suara Utusan Guru" karena IKIP Jogja adalah Institusi yang mencetak seorang guru. Dengan mengikuti berbagai lomba seperti KTDM,GPMB, dan sebagainya MB CDB IKIP Jogja cukup disegani karena sering memperoleh trophy kejuaraan untuk berbagai kategori.

21 April 1999 adalah hari ulang tahun Marching Band Caraka Dwija Bahana yang ke 27 sekaligus terakhir kalinya nama tersebut digunakan, seiring dengan perubahan Institusi IKIP menjadi Universitas, maka perubahan namapun kembali dilakukan, oleh karena nilai historis maka hanya merubah arti atau kepanjangan dari CDB, menjadi Citra Derap Bahana yang memiliki arti "suara indah yang berjalan bersama". Hingga saat ini nama tersebut yang digunakan sebagai unit kegiatan mahasiswa marching band yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta.