Marching Band Universitas Gadjah Mada

Marching Band Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu unit kegiatan Mahasiswa ( UKM ) bidang seni di UGM yang berdiri sejak tahun 1979. Namun sejak awal tahun 70-an, kegiatan drum band di UGM sendiri sebenarnya telah ada. Kendati dengan peralatan yang masih serba minim, Drum Band UGM sudah dapat menjadi salah satu grup band favorit di Jojakarta. Hanya saja, situasi dan kondisi kemahasiswaan yang tak menentu saat itu membuat kegiatan ini sempat terhenti. Pada tahun 1978, mulai tampak kembali nafas kehidupan unit ini. Dengan semangat dan usaha aktivis kampus yang mempunyai jiwa seni, kegiatan Drum Band UGM kembali aktif di bawah panji Resimen Mahasiswa UGM.

Satu tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 11 Maret 1979, Drum Band UGM yang diketuai oleh Bapak Subandrio dan di bawah pembinaan Bapak Ir. Arya Ronald, mulai melakukan penataan terhadap struktur organisasi. Sementara peralatan yang dimiliki saat itu juga sudah cukup memadai, bagi terbentuknya satu grup drum band dengan lebih kurang 80 orang personil. Pada tanggal itu pulalah, akhirnya ditetapkan sebagai hari berdirinya Drum Band Universitas Gadjah Mada ( DB UGM ) yang berkedudukan di kampus Universitas Gadjah Mada, Jogjakarta. Unit ini didirikan dengan tujuan untuk ikut aktif melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi, serta mempererat kekeluargaan dan membina rasa cinta almamater.

Dalam waktu yang sama itu pula, Drum Band UGM telah mengikuti kejuaraan terbuka Drum Band Jakarta dengan hasil yang menggembirakan. Pada kurun waktu berikutnya, terjadi dua kali pergantian pembina, yaitu dari Bapak Ir. Arya Ronald kepada Bapak Drs. Waskito Utomo, kemudian dilanjutkan dengan pergantian kepada Bapak Isharyanto, S.H. pada tahun 1982. Dalam masa pembinaan Bapak Isharyanto, S.H. inilah, muncul suatu prestasi yang cukup mengejutkan ketika mengikuti Grand Prix Marching Band (GPMB) I di Jakarta pada tahun 1982. Maka dalam perkembangan selanjutnya, unit ini pun menamakan dirinya dengan Marching Band UGM ( MB UGM ). Perubahan ini disesuaikan dengan dinamika kegiatan yang memadukan unsur baris berbaris dan seni musik, diamana unsur brass menjadi semakin dominan.

Pertengahan tahun 1983, terjadi pergantian pengurus seiring dengan peralihan tugas dari pembina lama, Bapak Isharyanto S.H., kepada pembina baru, Bapak drh. Eddy Moelyono, MSA, Ph.D. Kemudian pada pertengahan tahun 1985, kembali terjadi pengalihan tugas pembina, kepada Bapak drg. Haryono Mangunkusumo. Pada masa inilah, dalam unit Marching Band UGM terjadi banyak perubahan dan kemajuan. Disiplin organisasi, latihan, maupun kemampuan personilnya terus ditingkatkan. Untuk itu dibentuklah Dewan Pelatihan yang terdiri dari alumni UGM dan senior Marching Band UGM yang mempunyai kemampuan di bidang musik. Potensi dan kreativitas anggota terus digali dengan membentuk mini orkestra maupun brass band yang aktif mengisi kegiatan baik di dalam atau pun di laur kampus.

Dari aspek keorganisasian, unit Marching Band UGM pada tanggal 17 desember 1985 juga telah berhasil megesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART)-nya. Anggaran Dasar tersebut terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun, hingga akhirnya dibakukan pada tanggal 7 Mei 1991. Sementara untuk Anggaran Rumah Tangga terus mengalami perubahan yang disesuaikan dengan dinamika situasi dan kondisi yang tengah terjadi.

Marching Band UGM (atau dalam nama keorganisasiannya, Drum Band UGM) mempunyai visi "Dengan dilandasi semangat kekeluargaan dan gotong royong, Drum Band Universitas Gadjah Mada merupakan unit kegiatan mahasiswaan yang terbaik mewakili citra Universitas Gadjah Mada, kebanggaan masyarakat Yogyakarta, dan sebagai kiblat organisasi Drum Band di Indonesia. Sedangkan misi yang dirumuskan oleh unit ini adalah :

Menumbuhkembangkan kebanggaan korps Drum Band Universitas Gadjah Mada,

Menjadi duta terbaik Universitas Gadjah Mada dan masyarakat Yogyakarta.

Mempersiapkan para anggota menjadi manusia dewasa, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota Drum Band Universitas Gadjah Mada.

Memberi wadah dan lingkungan yang kondusif bagi berkembangnya setiap minat, bakat dan potensi anggota Drum Band Universitas Gadjah Mada menuju arah puncak prestasi, baik dalam kualitas permainan, berorganisasi, maupun berinteraksi terhadap lingkungannya.

Keanggotaan unit Marching Band UGM sendiri terdiri atas anggota penuh, anggota terbatas, dan juga anggota istimewa. Anggota penuh adalah mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang terdaftar, dan memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan oleh Marching Band UGM. Anggota terbatas adalah orang-orang di lingkungan Universitas Gadjah mada yang dianggap mampu berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan Marching Band UGM, dengan ketetapan pengurus. Sedangkan anggota istimewa adalah orang-orang, tokoh-tokoh masyarakat atau pejabat di luar lingkungan Universitas Gadjah mada sesuai dengan kebutuhan, dan ditetapkan pengurus.

Dalam hal kelembagaan, Marching Band UGM mempunyai beberapa badan kelengkapan yang terdiri dari atas Dewan Musyawarah Anggota, Pengurus Harian, Dewan Pelatih, dan juga Dewan Penasehat. Dewan Musyawarah Anggota (DMA) adalah badan kelengkapan tertinggi yang bertugas untuk menyusun, mengubah, dan menetapkan AD / ART; menyusun, menyetujui, dan mengesahkan Garis Besar Program Kerja ( GBPK ); memilih, mengangkat, dan memberhentikan pengurus; dan beberapa tugas yang lain. Badan legislatif unit Marching Band UGM ini dipimpin oleh seorang Ketua dan didampingi oleh Wakil Ketua serta seorang Sekretaris.

Pengurus Harian merupakan badan eksekutif di dalam lingkungan Marching Band UGM yang terdiri atas Ketua Umum, Sekretaris, Bendahara, Ketua Bidang Teknis, Ketua Bidang Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Ketua Bidang Perlengkapan dan Sarana, dan Ketua Bidang Penggalian Dana. Pada masing-masing bidang, dalam menjalankan tugasnya, ketua bidang dibantu oleh beberapa orang staf bidang. Bidang Teknis membawahi antara lain Komandan Latihan (Danlat) dan Wakil Komandan Latihan (wadanlat), dan juga divisi Inventarisasi Teknis serta divisi pengembangan teknis. Bidang Sumber Daya Manusia dan Organisasi membawahi divisi Pengembangan dan kesejahteraan SDM, divisi Publikasi dan Dokumentasi, dan divisi Humas. Bidang Perlengkapan dan Sarana membawahi divisi instrumentasi, Perlengkapan, Kostum, serta Sarana dan Transportasi. Sedangkan Bidang Penggalian Dana membawahi divisi Penggalian Dana Internal dan divisi kerjasama & Penggalian Dana Eksternal.

Unsur Dewan Pelatih terdiri dari Koordinator Pelatih, Pelatih Musik-yang terdiri dari horn line, perkusi battrey, dan pits instrumen, Pelatih Drill dan Display, dan Pelatih Colour, yang masing-masing dibantu oleh beberapa Asisten Pelatih. Sedangkan unsur Dewan Penasehat terdiri atas mantan pengurus harian dan ketua-ketua bidang satu periode sebelumnya, serta figur alumni / anggota utama Unit Marching Band UGM yang berdedikasi tinggi ikut memajukan Marching Bang UGM.

Selain terus aktif dalam even-even kompetisi, Marching Band UGM juga aktif dalam even-even non-kompetisi baik yang bertaraf lokal, nasional, atau pun internasional, Beberapa diantaranya adalah Parade Senja di Istana Negara Republik Indonesia - Jakarta, Parade Senja di Gedung Agung - Yogyakarta, Parade pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta, Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta, Harley Davidson Day se-Asia Pasific, Lifting - up the World with Onesses Heart bersama Sri Chinmoy, Upacara Pembukaan Raimuna, dan beberapa masih banyak lagi, baik yang bernuansa sosial budaya maupun komersial.

Keaktifan Marching Band UGM di luar kampus tak membuatnya lupa untuk selalu berpartisipasi di kandang sendiri, seperti dalam acara Dies Natalis UGM, Upacara 17 Agustus di halaman Rektorat UGM, Penyambutan Mahasiswa Baru, dan sejumlah acara kampus yang lain. Hingga saat ini, kegiatan yang masih terus dioptimalkan selain Marching Band sendiri adalah Brass Band, Big Band, Percussion Ensemble, Show Guard, Military Band, dan juga Mucic Corps.

Demikianlah, Marching Band UGM yang menjunjung nilai-nilai kehormatan almamater dan unit, kedisiplinan, kerjasama, kreativitas, regenerasi, dan senioritas, akan selalu berproses dengan satu motto : Bersama Menuju Yang Terbaik.