Sadaluhung Padjadjaran De Corps


Profil Unit

Sadaluhung Padjadjaran De Corps (SPdC) merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa bidang seni khususnya Marching Band Universitas Padjadjaran dengan didukung oleh 300 orang anggota aktif.

Sejak didirikan tahun 1984, Sadaluhung Padjadjaran De Corps (SPdC) tidak saja menjadi unit mahasiswa dengan jumlah anggota yang besar, namun juga telah menjadi salah satu dari peta kekuatan Marching Band yang diperhitungkan di Bandung dan di tingkat nasional.

Berdasarkan ketetapan Pembantu Rektor III No. 5445/II/05/a/84 tanggal 21 Desember 1984 resmilah unit drum band diakui sebagai salau satu UKM di UNPAD.Dalam perkembangannya Drum band UNPAD berubah nama menjadi Drum Corps dan pada Musyawarah Anggota XIV Sadaluhung Padjadjaran Drum Corps berubah nama menjadi Sadaluhung Padjadjaran De Corps (SPdC).

Secara garis besar unit marching di SPdC terbagi dalam 3 bagian besar yaitu Horn Line yang merupakan alat tiup, Percussion Line yang merupakan alat pukul dan coluor guard sebagai pembawa bendera yang menambah indah setiap penampilan SPdC.

Sampai saat ini berkat kemauan yang kuat dan tekat yang tingi dari para anggotanya Sadaluhung Padjadjaran De Corps (SPdC) masih tetap aktif, baik dalam berbagai kejuaraan dan penampilan. Saat ini SPdC tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional yang sangat bergengsi yaitu Grand Prix Marching Band (GPMB) di Jakarta, Januari 2007.