THE XC # CORPS JAKARTA

Perkembangan Marching Band di Indonesia saat ini belumlah menggembirakan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh organisasi induk maupun organisasi-organisasi lainnya seperti Forum Komunikasi Marching Band di daerah-daerah, beberapa Unit Marching Band dan Yayasan yang bergerak dibidang pembinaan dan Pengembangan Marching Band di tanah air.

Sebagai organisasi ekstra kurikuler bagi pemuda, remaja dan anak-anak, mereka tidak saja sekedar bermain musik dan atau baris-berbaris tetapi terkandung didalamnya penanaman basic mentality seperti pendidikan, kedisiplinan, kreatifitas, kebersamaan, total teamwork, participation, cooperation. colaboration, joint evaluation & problem solving dan lain-lain dalam pencapaian tujuan yang positif.

Apabila dikelola dengan baik maka kegiatan ini akan banyak membekali para anggota unit untuk pengembangan diri dan kelompoknya sehingga diharapkan menjadi generasi penerus yang tangguh dan berkualitas yang kelak akan memimpin negeri ini.

Kegiatan ini umumnya melibatkan banyak personil maka kiranya dapat efektif / efisien dalam pembinaan remaja / generasi muda sehingga sepantasnyalah semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat mendukungnya.

Pada tanggal 25 Desember 2001, para pemuda & remaja ex pemain dari unit-unit Marching Band yang pernah berprestasi di event-event Nasional seperti Grand Prix Marching Band Indonesia / GPMB, Bandung Open Marching Band / BOMB, Festival Drum Band Anak Indonesia / FeDI, Hamengku Buwono Cup dan event lainnya telah meresmikan unit baru yang sudah lama dicita-citakan yaitu dengan nama "The XC# Corps" dibaca the ex c's corps.

Unit baru inipun mendapat dukungan penuh dari para orang tua / wali yang juga aktif dalam pembinaan DB/MB di beberapa unit sebelumnya.

Kehadiran the XC# merupakan manifestasi keinginan sekolompok masyarakat DB/MB Indonesia untuk berprestasi pada kegiatan Extra Curriculer khususnya dibidang Drum/Marching Band dan dalam rangka proses penyeimbangan diri dengan kegiatan Intra Curriculer yang tengah ditekuni.

Disamping itu mencegah / menjauhkan diri dari narkoba, tawuran dan hal-hal negatif lainnya yang merusak moral dan mental para remaja. Sehingga diharapkan kelak menjadi insan yang cemerlang / eXCellence dan berguna bagi orang tua, bangsa dan agama.

Anggota the XC# saat ini adalah para alumni Drum Band / DB. Gema Swara Asyafiiyah / GSA, MB. Bahana Cendana Kartika/BCK Riau, DB. Gema Nada Darussalam Gontor, MB. Telkom Balikpapan, DB. Putra, DB. Caraka Nusantara. DB. SMK 15 dan unit MB/DB lainnya ditingkatan SMP/SMU di DKI, Bekasi

Agar unit ini dapat cepat berkembang dan turut mewarnai Drum / Marching Band Indonesia, maka atas kesepakatan bersama dilakukan sinergy berupa kemitraan dengan salah satu pendiri/pelatih dan beberapa alumni Crescendo Corps berupa pembekalan, pendidikan dan pelatihan yang dimulai sejak 13 Januari 2002 yang berlokasi di Sekolah As-syafiiyah Jatiwaringin.

Dengan kehadiran The XC# Corps diharapkan dapat menambah khasanah MB Indonesia dan untuk itu mohon dukungan dan doa semua pihak khususnya dari para unit MB/DB seluruh Indonesia.

LATAR BELAKANG

Yang melatar belakangi lahirnya The XC# Corps antara lain :

  • Belum adanya wadah yang dapat menampung kebutuhan anak-anak ex Drum Band SD (alumni) dalam menyalurkan bakat / hobinya dibidang ini.
  • Banyaknya pengaruh-pengaruh negatif terhadap pergaulan remaja seperti Narkoba, tawuran, video dan lain-lain, sedangkan kegiatan extra Curriculer terbatas dan kurang mewakili.
  • Ingin membangun prestasi di DB/ MB karena prestasi sebelumnya menjadi dorongan untuk terus berprestasi.
  • Dengan adanya dukungan orang tua/wali ang merupakan cikal bakal lahirnya booster Association sebagai supporting unit non teknis.
  • Keinginan untuk mengembangkan potensi diri anggota dan unit Marching Band.

TUJUAN

  • Meningkatkan skill & knowledge marching band , drum corps, color guard dll.
  • Terciptanya watak sesuai dengan yang diharapkan melalui proses pendewasaan anggota dalam berfikir dan bertindak positif melalui hidup berorganisasi dalam unit marching band.
  • Dapat menjalin hubungan kemitraan dengan unit-unit lain sebagai proses belajar - mengajar dan memperluas serta memperkaya wawasan pengetahuan dibidang ini dan turut memperkaya khasanah Marching Band Indonesia.
  • Dapat mengikuti event-event Lokal, Nasional dan Internasional dengan target "memberikan yang terbaik dan cemerlang / eXCellence.
  • Berkerjasama / turut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah swasta dan masyarakat, bahkan dapat kerjasama dalam bentuk sponsorship.

Prestasi :

  • Juara ke 1 Marching Percussion Contes BOMB 2002
  • Juara ke 2 Colour Guard Contest BOMB 2002
  • The Best Performance Pearl Marching Percussion Festival" Hamengku Buwono Championship 2003.
  • Peringkat Delapan (8) Color Guard Contest Hamengku Buwono Cup 2003