Marching Band Waditra Ganesha Institut Teknologi Bandung

Unit Marching Band Waditra Ganesha Institut Teknologi Bandung (MBWG ITB) didirikan pada 17 Mei 1971. Unit ini merupakan wadah pembentukan dan pengembangan pribadi serta memberi kesempatan besar pada setiap anggota untuk mengembangkan potensi diri dalam bidang marching band. MBWG bergerak dalam lingkup seni marching band dengan segala seni pendukungnya, sehingga bentuk penampilannya tidak semata-mata sebagai suatu band yang berjalan, melainkan suatu harmonisasi antara keindahan seni musik (brass dan perkusi), gerak (koreografi dan baris berbaris) dan perpaduan warna (kostum dan dekorasi).

Untuk tampil layak sebagai sebuah marching band, MBWG ITB harus dapat menyerap kemajuan dan mengikuti perkembangan dunia marching band pada umumnya. Oleh karena itu, peran MBWG ITB sebagai salah satu unit marching band yang berdiri di tengah duni marching band Indonesia adalah tetap eksis dan dapat bersaing di dunia marching band Indonesia.

Cikal bakal MBWG ITB adalah Drum Band ITB yang telah ada sejak tahun 1963. Sebagai dampak dari situasi politik yang terjadi, Drum Band ITB membubarkan diri dan ITB tidak memiliki unit Drum Band lagi sejak itu. Pada tahun 1971, Drum Band dihidupkan kembali. Pada masa itu, bentuk marching band sedang berkembang pesat di Amerika, maka dicoba pula dikembangkan bentuk marching band di ITB. Akhirnya pada tanggal 17 Mei 1971 berdirilah unit Marching Band Waditra Ganesha ITB. Konon kabarnya, MBWG adalah unit marching band pertama yang berdiri di Indonesia, karena pada waktu itu unit yang ada di Indonesia masih bercorak Drum Band.

Selain Marching Band, terdapat juga Big Band Waditra Ganesha. Bentuk Big Band terdiri dari alat musik tiup yang diiringi rhythm section dan sering dimainkan di tempat tertutup (indoor). Dalam usahanya untuk mempopulerkan Big Band di Indonesia, MBWG telah beberapa kali menyelenggarakan acara ITB Big Band Concert (IBBC). IBBC adalah sebuah acara yang menampilkan beberapa Big Band dari seluruh Indonesia dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat pecinta musik jazz.

Dari tahun ke tahun, MBWG ITB terus mengikuti alur zaman, dan terus berusaha menjadi yang terbaik tanpa meninggalkan identitas dan tujuan semula.

Sekretariat MBWG:

Gedung ex-MKOR Lantai 2

Jalan Ganesha no 10

Institut Teknologi Bandung

40132

E-mail : bpmwbg@yahoo.com

Humas : Muti (08562373638 / 02291825725)

Fufu (085624790249)